MENGENAL PROSA LIRIK DALAM SASTRA
Bagian Kedua
Prosa lirik tidak hanya meruntutkan gambaran perwajahan seseorang, tetapi semua peristiwa atau kejadian dapat dinyatakan dengan prosa lirik atau prosa berirama. Keadaan perang, keadaan perkelahian, keadan jiwa yang sedang sedih, dan sebagainya dapat dinyatakan dengan prosa liris.
Dalam cerita Sabai Nan Aluih dimunculkan peperangan antara Rajo Babanding (Ayah Sabai Nan Aluih) dan Rajo dan Rajo Nan Panjang. Semua dideskripsikan dengan prosa liris atau prosa berirama. Dalam peperangan itu, Rajo Babanding menemui ajalnya karena Rajo Nan Kongkong, pembantu Rajo Nan Panjang, melakukan kecurangan. Peperangan ini lantaran peminangan Rajo Nan Panjang atas Sabai Nan Alih ditolak oleh Rajo Babanding. Tidak ada jalan penyelesaian hingga terjadi peperangan itu.
Katangah balie’ Radjo Nan Pandjang - dibaokannjo langkah sumbang - langkah mamantjieng Radjo Babandieng - Kununlah katiko nantun - manggarik Radjo Nan Pandjang - kapado Radjo Nan Kongkong - Lah mambidie’ Radjo Nan Kongkong - badantm bunyi badienjo - lah kanai Radjo Babandieng - kanailah djarieng-djarien bahu - kanailah dapue-dapue susu - bakunang-kunang pantjalie’an - rabahlah injo maso nantun - rabah nan indak djago lai.
(Ke tengah kembali ajo Nan Panjang - dibawakannya langkah smbang - langkah pemancing Rajo Babanding - Kononlah ketika itu - memberi aba-aba Rajo Nan Panjang - kepada Rajo Nan Kongkong - telah membidik Rajo Nan Kongkong - berdentum bunyi bedilnya - telah kena Rajo Babanding - kenalah jaring-jaring bahu - kenalah dapur-dapur susu - berkunang-kunang penglihatan - rebah ia pada waktu itu - rebah yang tidak bangun lagi).
Kematian Rajo Babanding, memunculkan kemarahan Sabai Nan Aluih. Keberanianya muncul untuk membalas dendam pada Rajo Nan Panjang. Ia hendak menuntut keadilan pada Rajo Nan Panjang. Deskripsi peperangan Sabai Nan Aluih disampaikan dengan prosa lirik yang menarik.
Kununlah Sabai Nan Aluih - dipagang badie nan disandang - ditimang duo balah tangan - diindjak kaki nan suok - mananti kaki nan kida - digandjue suok kabalakang - dikamumokan kaki nan kida - digelekan pinggang nan lamah - bak tjando alang kamanjamba - mambidie’ Sabai disinan.
Sadanglah Radjo Nan Pandjang - dirusue’an pinggang nan kasa - tapepeh kaki sabalah - lapeh tembakan Sabai Nan Aluih - tapek dibahu Radjo Nan Pandjang - Kanailah djarieng-djarieng bahu - taruih kadapue-dapue susu - tasungkue Radjo Nan Pandjang - rabah nan indak djago lai - disinan adjanjo sampai.
(Kononlah Sabai Nan Aluih - dipegang bedil yang disandang - ditimang dua belah tangan - digerakkan kaki yang kanan - menanti kaki yang kiri - ditarik kaki kanan ke belakang - dimajukan kaki yang kiri - digerakkan pinggang yang lemah - bak seperti elang akan menyambar - membidik Sabai di situ.
Sedangkan Raja Nan Panjang - digerakkan pinggang yang kasar - terantuk kaki sebelah - lepas tembakan Sabai Nan Aluih - tepat di bahu Rajo Nan Panjang - Kenalah jaring-jaring bahu - terus ke dapur-dapur susu - tersungkur Rajo Nan Panjang - rebah yang tidak bangun lagi - di situ ajalnya sampai).
Peperangan antara Sabai Nan Aluih dan Rajo Nan Panjang berakhir dengan kematian Rajo Nan Panjang. Sabai Nan Aluih berhasil membalas dendam atas kematian ayahnya, Rajo Babanding. Semuanya suasana perang itu disampaikan dengan prosa lirik atau prosa berirama dengan indah dan menarik. (S. Amran Tasai)
ooo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.